19 Maret 2019

BP / BK

[cs_image CS_SC_IMAGE column_size=”1/1″ image_style=”modern” cs_image_url=”http://tkj.smkn2kotatasik.sch.id/smkn2tasikmalaya/wp-content/uploads/2016/03/DSC00029.jpg” cs_image_url412307=”Browse” cs_image_title=”Kegiatan Penyuluhan”][/cs_image][cs_tabs column_size=”1/1″ cs_tabs_section_title=”BP / BK”][tab_item tab_active=”yes” tab_title=”DASAR PEMIKIRAN”]

SMK merupakan tingkat satuan pendidikan yang mendidik anak-anak usia remaja agar bisa menentukan masa depannya sesuai dengan latar belakang kompetensi yang dimiliki. Usia remaja adalah masa yang sangat rentan, penuh idealisme dan saat yang tepat untuk melatih dan memunculkan potensi yang ada pada dirinya. Kondisi tersebut tidak mungkin dibiarkan berkembang sendiri, tetapi perlu ada upaya bimbingan agar potensinya berkembangsecara optimal.

Hal ini sesuai dengan rambu-rambu bimbingan konseling di SM tahun dan program sekolah tahun pelajaran 2012/2013.
Kondisi nyata di lapangan, masih banyak peserta didik yang memiliki permasalahan baik dalam bidang pribadi, sosial, belajar dan karir.
[/tab_item][tab_item tab_active=”no” tab_title=”VISI MISI”] VISI
Agar siswa dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal / mencapai kemandirian yang optimal dan mampu beradaptasi dengan lingkungannya, baik lingkungan sekolah, masyarakat maupun pekerjaan.

MISI
Menjadikan siswa yang madiri baik secara sosial, budaya, emosional maupun intelektual.
[/tab_item][tab_item tab_active=”no” tab_title=”KOMPONEN PROGRAM”] 1. Layanan Dasar.
Untuk mencapai tujuan di atas, maka rencana kegiatan yang akan dilaksanakan melalui layanan dasar adalah sebagai berikut :
a. Mencari sumber-sumber tentang kehidupan beragama.
b. Latihan mengekspresikan perasaan dalam diskusi kelompok atau kelasikal.
c. Latihan pengambilan keputusan
d. Belajar cara berinteraksi sosial.
e. Latihan kerjasama siswa dan siswi
f. Memahami diri sendiri yang dimiliki siswa
g. Mengumpualkan informasi karir dari narasumber atau media
h. Belajar membangun kekompakan tim
i. Diskusi tentang pra nikah

2. Layanan Responsif
Untuk mencapai tujuan di atas, maka rencana kegiatan yang akan dilaksanakan melalui layanan
Responsif adalah sebagai berikut :
a. Mengeliminir kesulitan peserta didik dalam memahami potensi diri.
b. Mengatasi terjadinya perselisihan dan tawuran antar pelajar.
c. Mengatasi kesulitan belajar.
d. Mengatasi kesulitan dalam menentukan pilihan karir.

3. Layanan Perencanaan Individual
Untuk mencapai tujuan di atas, rencana kegiatan yang akan dilaksanakan melalui layanan perencanaan individual adalah sebagai berikut :
a. Memilih jurusan di SMK
b. Memilih ekstrakurikuler
c. Mengembangkan sikap positif terhadap dunia kerja.
d. Memilih program studi lanjutan.

4. Dukungan Sistem.
Untuk mendukung ketercapaian program bimbingan konseling, makakegiatan yang akan dilaksanakan yang berkaitan dengan dukungan sistem adalah sebagai berikut :
a. Evaluasi program dan penyusunan program baru 2012/2013
b. Penyediaan dan pemanfa’atan sarana dan prasarana BK
c. Menyatukan persepsi tentang peran, fungsi, dan urgensi BK melalui rapat dinas atau kegiatan sejenis.
d. Melakukan kerjasama dengan organisasi profesi (ABKIN), Psikolog, Psikiater, Perguruan Tinggi, Orang tua, dan komite sekolah.

[/tab_item][tab_item tab_active=”no” tab_title=”RENCANA OPERASIONAL”]
Untuk merealisasikan aktivitas-aktivitas yang telah ditetapkan dalam komponen program,
diperlukan strategi sebagai berikut :
1. Pelayanan Orientasi
2. Pelayanan Informasi
3. Bimbingan Kelompok/Bimbingan kelasikal
4. Konseling Individual
5. Konseling Kelompok
6. Rujukan / Referal
7. Bimbingan Teman Sebaya
8. Pengembangan Media
9. Instrumentasi
10. Penilaian Individual atau Kelompok
11. Penempatan dan Penyaluran
12. Kunjungan Rumah
13. Konfrensi Kasus
14. Kolaborasi Guru
15. Kolaborasi Orang Tua
16. Kolaborasi Ahli Lain
17. Konsultasi
18. Akses Informasi dan Teknologi
19. Sistem Managemen
20. Evaluasi dan Akuntabilitas
21. Pengembangan Profesi
[/tab_item] [/cs_tabs]

Tim IT SMK Negeri 2 Tasikmalaya @ 2019